Tujuh Tips Gaya Hidup Produktif

Pernahkah kamu merasa di era sekarang ini waktu seakan sangat cepat berlalu? Jauh berbeda di masa-masa kecil kita dulu, di mana waktu terasa berjalan lebih lambat dan lebih santai? Perasaan itu terjadi mungkin karena pergeseran jaman, ragam aktivitas yang semakin bermacam-macam dan tuntutan era informasi yang begitu cepat.

Untuk menghadapi hal-hal semacam itu tentu kita juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kita juga harus siap berlari mengejar kecepatan aktivitas di era digital sekarang ini. Ada beberapa tips yang bisa kita praktikan agar bisa hidup lebih produktif seperti tips-tips berikut ini.

1. Buat To Do List untuk kegiatan esok hari sebelum tidur

Jangan anggap remeh to do list, hal sederhana namun sangat membantu kita dalam menentukan skala prioritas kegiatan yang hendak kita lakukan. Aku sendiri merasa sangat terbantu dengan membuat to do list. Selain menuliskan segala hal yang perlu kita lakukan sehingga tidak ada yang terlewat, kita juga bisa mengatur waktu dengan lebih baik untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang masuk dalam daftar to do list.

Sumber Foto: Hubspot

2. Tidur yang Cukup

Tidur cukup itu penting untuk merelaksasikan tubuh dari aktivitas yang telah dijalani pada hari itu dan tentu mempersiapkan stamina tubuh untuk menjalankan beragam aktivitas pada esok harinya. Ketika kita kurang tidur akan memberikan dampak pada kecerdasan emosional, sikap menghargai diri sendiri, memahami orang lain dan ketegasan akan berkurang. Dengan tidur cukup kita akan lebih segar dan lebih bersamangat.

3. Olahraga di pagi hari

Olahraga di pagi hari akan melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, sehingga tubuh akan merasa lebih rileks dan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Olahraga pun akan meningkatkan kemampuan otak, mencairkan stres, meningkatkan energi, melawan penyakit, memompa jantung lebih baik, meningkatkan stamina, dan menjaga pola makan lebih baik. Luangkan waktu 10-15 menit di pagi hari untuk melakukan olahraga ringan. Jogging, senam, atau yoga bisa menjadi pilihan olahraga di pagi hari.

Sumber Foto: Pesona Security

4. Jangan biarkan orang yang tidak produktif mempengaruhi kita

Lingkungan tempat kita bersosialiasi sedikit banyak akan memengaruhi pola pikir dan produktivitas kita. Oleh karena itu, lebih baik kita bergaul dan bersosialisasi dengan orang-orang yang berpikiran positif dan semangat bekerja. Sebaliknya, jika berkumpul dengan orang-orang dengan yang berpikiran negatif dan malas bekerja pun akan memengaruhi semangat kerja kita.

5. Perbanyak minum air putih

Air putih adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena 60-80 % tubuh kita terdiri dari cairan. Dan juga banyak manfaat air putih bagi tubuh seperti penghilang dehidrasi dan haus, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan, meningkatkan energi, membantu mengeluarkan racun, membuat kulit halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan produktivitas, mencegah penuaan diri, mengembalikan mood, meningkatkan fungsi otak, mencegah dan sebagai obat demam, melawan beberapa penyakit, meningkatkan sistem peredaran darah, dan mengobati sakit kepala serta migrain. Jadi jangan abai untuk minum air putih ya.

6. Stop multi tasking

Seringkali para perempuan dilabeli sebagai makhluk multi tasking, namun jika kita membiarkan perhatian dan aktivitas kita beralih dari satu hal ke hal yang lain, tidak ada satu pun kegiatan yang akan mendapatkan perhatian penuh dari kita, sehingga hasil yang diperoleh dari tugas-tugas yang kita lakukan pun kurang maksimal. Akan lebih baik juka memusatkan perhatian pada hal-hal yang berada pada skala prioritas, barulah mengerjaka hal-hal lain setelah tugas-tugas pada skala prioritas selesai dikerjakan.

7. Awali hari dengan momen yang damai

Menyugesti diri dengan kebaikan dan kedamaian di pagi hari akan memberikan energi dan semangat positif bagi diri kita untuk menjalani beragam aktivitas. Luangkan beberapa menit sebelum memulai aktivitas dengan refleksi dan rasa syukur pada Tuhan atas apa yang kita miliki. Dengan demikian, kita akan termotivasi untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari.

---
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Popular Posts