Belajar Creative Content & Digital Strategist Bareng BRILIO

Sering ga kamu baca judul-judul artikel yang unik, lucu, menggelitik atau menggugah? Yang akhirnya mendorong kita buat klik tautan artikel itu untuk kita baca dan kita share? Misalnya aja kaya konten-konten ini:



Konten-konten kreatif brilio.net

Kalau pernah, berarti kamu udah terpapar tren konten kekinian ya! Nah gimana sih caranya bisa buat konten yang semenarik itu dan bisa dibaca sama banyak orang? Aku mau sedikit share nih ilmu yang ku dapet pas ikutan acara BRILIO.NET bareng komunitas ISB (Indonesian Sosial Blogpreneur) yang kupas tuntas soal creative content sama digital strategist buat nge-boost tulisan kita di media online.

Waktu itu, Mas Titis selaku kepala editor membagikan tips-tips yang perlu kita perhatikan saat akan membuat konten sehingga konten yang kita buat menjadi menarik dan dilirik oleh netizen terutama para generasi millenial. Nah berikut tips-tips dari Mas Titis yang bisa kita ikuti:

  1. Memberi konten yang pas dan disukai audience
  2. Anak muda suka yang unik dan lucu
  3. Anak muda gampang tergugah nuraninya
  4. Anak muda suka kisah inspiratif
  5. Anak muda selalu ingin terpuaskan rasa penasarannya
  6. Anak muda selalu ingin tahu
  7. Anak muda mudah terkejut
Setelah kita mengetahui konten-konten yang disukai generasi millenial, tugas selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menggali ide-ide liar yang bisa membangun konten kreatif dan viral. Kali ini, Mas Andri selaku content creator Brilio membagikan caranya menggali ide-ide liar tulisannya selama ini. Kalau kita mau menggali ide-ide liar buat bahan tulisan kita, kita wajib banget nih melakukan hal-hal ini:

  1. Bersahabat sama sosmed; karena banyak hal-hal menarik bertebaran di sosmed!
  2. Kita harus pandai melihat sisi lain dari sebuah peristiwa, jadi konten yang kita hasilkan akan berbeda dan memiliki angle tersendiri dibandingkan dengan tulisan-tulisan lain
  3. Memberi perhatian khusus pada perististiwa yang membangkitkan emosi atau simpati
  4. Buatlah meme meme yang menarik!
  5. Berusaha menggali nilai-nilai kewirausahaan
  6. Anak muda juga peduli lingkungan
  7. Memahami kenyataan kalau anak muda kepo sama kehidupan para selebriti
  8. Cari informasi yang bernilai praktis dan digunakan sehari-hari
  9. Cari dan pilih ide yang dekat dengan keseharian masyarakat.

Setelah tahu kesukaan kategori tulisan para audience dan berhasil membuat konten dari beragam ide liar yang sudah kita buat, kali ini kita perlu menyebarluaskan informasi tulisan kita seluas-luasnya nih, supaya tulisan kita dibaca banyak orang dan mendapat feed back yang bagus. Sore itu Mas Aldio, tim sosmed dari Brilio juga turut membagikan info dan tips untuk memaksimalkan penggunaan sosmed untuk penyebaran konten yang kita buat.

Rata-rata generasi millenials sekarang ini memiliki lebih dari 3 akun sosmed di hp nya dan menghabiskan lebih dari 12 jam sehari bersama dengan gadgetnya, sampai-sampai maksimal 10 menit sekali mereka akan mengecek gadget mereka masing-masing. Dengan kondisi yang seperti itu, kita memiliki peluang besar untuk mem-boost konten ke sosial media. Paling tidak kita bisa menyebarkan konten kita melalui facebook, twitter dan instagram. Dan yang pasti masing-masing sosmed ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Kalau kamu punya banyak jenis konten dan tidak mau repot untuk memilah-milah dan mengatur jadwal posting, punya target pasar yang luas, berusaha untuk mendapatkan followers yang banyak, ingin melakukan analisa yang mudah dan cukup lengkap maka gunakanlah facebook sebagai media penyebaran informasimu.

Tapi jika konten yang ingin kita sebarkan dapat disajikan dalam bentuk foto dan atau video, dengan kualitas yang baik, berusaha untuk membangun interaksi dengan followers dan memiliki branding yang baik maka pilihlah instagram sebagai mediamu!

Lain halnya kalau kamu punya target pasar yang memiliki usia muda (18-35 tahun). jenis konten yang ingin disebar singkat, padat dan jelas, bisa membagi dengan baik konten link dan non link dan bisa selalu update dengan konten dan sosmed yang dimiliki maka gunakanlah twitter.


Dengan beberapa pilihan sosmed yang bisa kita gunakan, pilihlah secara bijak mana yang akan gunakan sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa untuk menganalisa karakter pengikut, waktu terbaik untuk posting dan gaya bahasa yang perlu digunakan. Jika sudah memilih, boost lah konten yang ingin kita sebarkan dengan menggunakan ads. Jangan lupa untuk selalu tetap konsisten dan menggunakan serta berkreasi dengan semua fitur yang tersedia!




Belajar bareng #GengKulinerHits di kantor BRILIO

Keseruan dan keramaian belajar bareng BRILIO dan Komunitas ISB

Sekarang udah nambah ilmu kan tentang pembuatan creative content dan tips-tips buat nge-boost tulisan kita di sosmed? Yuk mulai belajar dan tingkatin skill kita buat bikin konten yang menarik dan dilirik para netizen :)

Popular Posts